Sabtu, 29 Oktober 2011

Manusia dan cinta kasih

Felik Aslam Pohan
12511802
1 PA 07


Manusia sebagai makhluk hidup yang memiliki perasaan dalam dirinya, mempunyai bermacam- macam kondisi hati yang selalu datang bergantian berdasarkan kejadian apa yang sedang dialami manusia tersebut, secara garis besar kondisi hati tersebut terbagi menjadi dua yaitu senang dan sedih. Manusia dapat merasakan kesenangan dikarenakan oleh banyak faktor, dan pada umumnya manusia akan mengekspresikan kesenangan dengan cara tersenyum. Landasan kebanyakan orang merasakan senang karena manusia tersebut merasa nyaman dan merasa ada kepedulian dari orang-orang yang dekat dengannya, orang-orang terdekat biasanya adalah keluarga, saudara, teman- teman, lawan jenis, dan sebagainya. Dari rasa kenyamanan dan kepedulian itulah biasanya tumbuh rasa cinta kasih.

Semua manusia pasti pernah atau akan merasakan apa itu yang dimaksud dengan cinta kasih. Cinta itu merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Penyayang. Begitu pula dengan kasih sayang yang sangat erat kaitannya dengan cinta. Berdasarkan arah pandanganya, cinta kasih manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

Cinta kasih secara vertikal yaitu meliputi cinta kasih terhadap Tuhan sebagai sang pencipta, termasuk apapun yang berhubungan langsung dengan Tuhan itu sendiri. Seperti Cinta kasih terhadap Agama, Nabi, KitabSuci, Malaikat, dan lainnya.
Cinta kasih secara horisontal yaitu meliputi cinta kasih terhadap lingkungannya. seperti Cinta kasih terhadap antar sesama Manusia, Alam, Hewan dan Tumbuhan.

Manusia sangat membutuhkan rasa cinta kasih, baik untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk diterima dari orang lain, sangatlah sulit bagi manusia untuk melupakan atau mangabaikan hal-hal yang berhubungan dengan cinta kasih. Banyak hal yang dilakukan manusia saat mengekspresikan bahwa dalam dirinya terdapat cinta kasih, yaitu dengan menyanyi, menulis, menari, menangis, tertawa. Yang semua itu biasanya dilakukan dengan tidak sadar, dikarenakan terbawa suasana bahagia.

Namun di antara itu semua, salah satu kasih sayang yang sangat penting adalah kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Kasih sayang mereka tidak akan termakan oleh waktu. Karena setiap saat dan setiap waktu mereka akan selalu memberikan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada anaknya.

Sumber: http://damaisubimawanto.wordpress.com/2011/02/24/manusia-dan-cinta-kasih/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar