Kamis, 06 Oktober 2011

Pengertian ilmu budaya dasar

Pengertian ilmu budaya dasar menurut saya adalah ilmu yang mempelajari tentang segala suatu hal yang berkaitan dengan kebiasaan sekelompok atau individu manusia. Manusia tidak dapat melepaskan kehidupannya dari budaya, terutama budaya sekitar dikarenakan setiap manusia pasti memliliki kebiasaan yang secara sadar maupun tidak sadar dikerjakan oleh manusia. Budaya di dunia sangat banyak sekali dan ada dimanapun kita berada, setiap kita menempati suatu daerah atau tempat pasti terdapat budaya didalamnya. Budaya tidak selalu membawa dampak positif kepada manusia, ada pula budaya yang membuat manusia cenderung bersikap kurang baik, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran manusia tersebut terhadap budaya yang digelutinya. Untuk itu adanya Ilmu Budaya Dasar bagi manusia agar manusia dapat menyerap budaya dalam sisi positif, dan diharapkan dapat memberi pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep yang dapat digunakan untuk memberi solusi terhadap masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Masalah manusia tidak dapat dipisahkan dari masalah budaya atau pengetahuan budaya, juga disinilah peranan ilmu budaya diperlukan yang bertujuan untuk membuat manusia menjadi lebih manusiawi, dalam pengertian manusia lebih berbudaya.

kebudayaan paling sedikit mempunyai tiga wujud:
1.    wujud kebudayaan sebagai kompleksndari ide- ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya
2.   wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat
3.   wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia

dari ketiga wujud kebudayaan tersebut, wujud pertama dan kedualah yang akan banyak dipelajari didalam ilmu budaya dasar, sedangkan wujud yang ketiga lebih banyak dibicarakan dalam pokok bahasan sejarah kebudayaan.

Ilmu budaya dasar perlu diberikan kepada masyarakat luas karena manusia perlu mengenal lebih mendalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih mengenal luarnya saja,misalnya pemikiran dan perasaannya. selain itu manusia juga perlu mengenal perilaku dirinya sendiri dan juga orang lain sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup. Manusia juga perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia, serta tahu masalah perilaku manusia. Dan manusiapun perlu tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih terbiasa terhadap masalah-masalah pemikiran, perasaan, serta perilaku manusia, dan ketentuan yang menciptakannya.


sumber : Drs Supartono, 1992. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta. Ghalia Indonesia

1 komentar:

  1. hei kawan, jangan lupa pasang link:
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill lho!

    Oh ya, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus